Skip to main content

Jennifer L. Scott

the daily connoisseur

Setahun terakhir ini saya getol sekali mantengin channel YouTube milik Jennifer L. Scott. Misi Jennifer L. Scott yang berusaha look presentable always dan menjalani hidup to the fullest terasa menarik dan "klik" dengan yang selama ini sering ada di pikiran saya. Jennifer adalah penulis buku Madame Chic series yang terinspirasi berdasarkan pengalamannya ketika tinggal bersama Familie Chic di Paris pada tahun 2001.

Jennifer juga pernah menjadi pembicara Ted Talk mengenai konsep ten-item wardrobe. Konsep ini ia kembangkan setelah melihat bagaimana kebanyakan wanita Paris yang selalu menggunakan baju sama berulang - ulang -bahkan dua atau tiga kali dalam seminggu. Hal ini dirasa sangat berbeda dengan kultur masyarakat Amerika yang biasanya memiliki banyak sekali baju dan membutuhkan lemari besar (bahkan walking closet). Di apartemen Madame Chic, Jennifer hanya disediakan satu lemari kecil dengan beberapa gantungan baju (sekitar 10 gantungan). Ia begitu kaget karena ia membawa baju lebih dari dua koper!

Konsep ten-item wardrobe berfokus tidak hanya mengenai jumlah baju yang kita miliki tapi lebih penting lagi adalah mengenai kualitas baju yang kita miliki tersebut. Jennifer menyarankan bahwa kita lebih memikirkan lagi baju yang kita pakai, mulai dari apakah sesuai dengan style kita, kualitas baju dan sebagainya. Jadi meskipun tidak banyak tapi harus berkualitas (sesuai dengan kemampuan daya beli pribadi tentunya :)). Jennifer biasa berbagi tentang baju apa saja yang ia kenakan dalam seminggu. Misalnya dalam video ini dan ini.

Pesan Jennifer yang paling saya sukai adalah agar kita selalu berusaha tampil yang "terbaik". Meskipun kita hanya di rumah akan tidur atau ketika kita sedang sendiri. Terbaik disini tidak semata - mata berarti memakai pakaian paling mahal atau paling "wah". Tetapi lebih memperhatikan lagi apa yang kita pakai dari segi kelayakan dan kerapihan pakaian tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghargai diri kita sendiri. Kadang kita ingin tampil rapi dan baik di depan orang lain, tapi tidak di hadapan diri sendiri. Nah, banyak sekali hal - hal menarik yang ingin saya bagikan dari buku Lessons from Madame Chic yang ditulis oleh Jennifer. Tunggu postingan selanjutnya ya..

Video - video yang di share Jennifer terasa "bersahabat" sehingga mungkin itu yang menyebabkan saya betah berlama - lama menontonnya. Banyak sekali topik yang ia bicarakan dari mulai beres - beres rumah, masak, tips menata meja makan, dan terkadang ia menjawab pertanyaan dari para pembaca/subscriber-nya. Pokoknya kalau melihat Jennifer seperti melihat tante saya sendiri hehehe.. Selain aktif di YouTube, Jennifer juga memiliki blog pribadi. Saya senang sekali karena pernah di-mention oleh Jennifer dalam blognya :) Di sini.

Beberapa bulan lalu Jennifer juga mulai mengadakan kursus online ten-item wardrobe dan chic financial principle for debt free living. Saya mengikuti kursus yang terakhir dan memang menarik sekali. Saya dapat banyak masukan tentang tips - tips keuangan. Mungkin kapan - kapan bisa saya share di sini juga ya :)

The Daily Connoisseur







Comments

  1. Hai haiiii
    Aku mau meninggalkan jejak ah di blog royal lifestyle ini :))

    Konsep ten-item wardrobe itu menarik sekali.
    Aku memang selalu rutin ngecek lemari baju, dan menyingkirkan pakaian-pakaian yang sekiranya sudah tidak "pas" lagi denganku, jadinya jarang dipakai. Sampai temanku pernah bilang "baju kamu dikit banget sih!" Tapi aku ngga peduli, aku malah merasa kebanyakan baju :)) Dibandingkan beli baju, aku lebih milih beli buku... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ini kok aku baru liat yah komennya T.T
      Sangat honored karena teh dyah menyempatkan baca blog royal lifestyle ini.

      Bener teh, aku juga sering dikomentari kalau bajuku sedikit dan itu-itu aja. Tapi meskipun begitu, aku merasa puas dengan wardrobe saat ini.

      Milih beli baju atau buku? DUA DUANYA *haha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni