Skip to main content

Jangkrik Genggong

Jangkrik Genggong - Endah Laras

Budhe saya -kakak perempuan ibu- termasuk orang yang menggemari lagu - lagu campursari. Beliau memiliki beberapa CD bernuansa campursari. Entah sejak kapan, saya tidak menyadari, ternyata budhe saya pernah memberikan sebuah CD campursari berisi lagu - lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Endah Laras.

Secara tidak sengaja, saya menemukan kaset campursari Endah Laras itu saat beres - beres lemari. Ketika itu, saya sudah mulai menyukai jenis musik ini. Tentu saja, saya sangat senang ketika menemukan kaset ini dan buru - buru saya putar untuk mendengarkan lagu - lagu di dalamnya.

Salah satu lagu yang agak familiar di telinga saya adalah lagu "Jangkrik Genggong". Entah pernah denger dimana, tapi lagu ini nampak tidak asing bagi saya. Saya pun jadi sering memutar lagu ini. Saya jadi tambah kesengsem dengan lagu ini setelah melihat video klipnya. Setting sebuah sungai -entah sungai apa- ditambah laju kendaraan melintas di jembatan membuat saya berpikir "hmm..adem bener, polos bener video klipnya! hehehe..".
Jangkrik Genggong - Endah Laras

..Kendhal kaline wungu, ajar kenal karo aku
Lelene mati digepuk, nggepuk nganggo walesane
Suwe ora pethuk, ati sido remuk
Kepethuk mung suarane

E ya e..ya e... E ya e.. ya e, ya e, ya e..
Jangkrik genggong, jangkrik genggong
Luwih becik omong kosong

Semarang kaline banjir, jo sumelang ra dipikir
Jangkrik upo sobo ning pogoh, melumpat ning tengahing jogan
Wis watake priyo, jare ngaku setyo
Tekan ndalan selewengan
E ya e..ya e... E ya e.. ya e, ya e, ya e..
Jangkrik genggong, jangkrik genggong
Wani nglirik sepi nguwong

Yen ngetan bali ngulon, tiwas ngedan ra kelakon
Yen ngrujak ngrujako nanas, ojo ditambahi kweni
Kene tiwas nggagas, awak adem panas
Jebul ono sing nduweni

E ya e..ya e... E ya e.. ya e, ya e, ya e..
Jangkrik genggong, jangkrik genggong
Sampun cekap mongso borong..

Saya juga tidak terlalu paham maksud dari lagu ini. Saya pernah menanyakan pada ibu saya "apa sih maksudnya jangkrik genggong?". Ibu saya hanya bilang, ini merupakan suatu ungkapan kekesalan yang biasa diucapkan oleh seseorang. 

Saya menangkap bahwa lagu ini ingin menceritakan tentang kekecewaan seseorang yang menyukai orang lain, namun ternyata apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Pertama, dia tidak dapat sering bertemu dengan 'sang pujaan hati', mungkin karena jarak jauh yang memisahkan atau juga karena kesibukan.
..in english, she says : where'd you go? I miss you so..



Alasan kedua mengapa ia kecewa adalah karena ternyata 'sang pujaan hati' melakukan penyelewengan! Hehe.. tentu saja langsung terpikirkan bahwa mungkin saja 'sang pujaan hati' memiliki pujaan hati lain, atau bahkan ternyata 'sang pujaan hati' memang tidak mencintainya *jiaahhhhh >.< *sabar ya buuuu

Kekecewaan ketiga adalah ketika ia sudah banyak berkorban, baik korban waktu, biaya, tenaga, maupun korban perasaan *hehe.. ternyata 'sang pujaan hati' yang selalu menjadi idaman sudah memiliki pasangan lain. Huuuuhhh kesal bercampur sedih tentunya! Oleh karena itu, dia selalu menyebut kata "Jangkrik Genggong" untuk mengungkapkan kekesalannya.
Ya udah, sabar aja..mungkin bukan jodoh. Silakan teruskan hidup dan cari yang lain lagi ^^
Lewat lagu ini pula, saya mengenal sosok penyanyi campursari Endah Laras. Saya sangat mengagumi suara mbak Endah yang sungguh halus dan lembut ini :) Andai saja, suara saya seindah itu.. hehe.. Ada beberapa lagu Endah Laras yang juga saya gemari dan insya Allah akan saya post di kesempatan berikutnya :)
sampun cekap semanten mawon nggih ^^V

Bravo musik campursari! ^^
  


Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni