Skip to main content

Writing Challenge #Day4: Kind Strangers

Hi, Dear Strangers

sumber: indianaexpress.com
Tema tulisan hari ini adalah menuliskan hal-hal baik dan menyenangkan yang pernah orang asing lakukan pada saya. Ketika diajukan tema seperti itu yang pertama kali terpikirkan oleh saya adalah orang-orang yang menolong saya ketika mendapati musibah di jalan raya. Misalnya ketika saya terjatuh dari motor, kehabisan bensin, ban motor  bocor dan ketika motor tiba-tiba mogok. Sebagai pengendara motor, bantuan-bantuan yang diberikan para orang asing (hampir semuanya oleh laki-laki) ini sangat membantu.

Pernah ketika saya masih SD dan dibonceng motor oleh ibu, kami menyenggol trotoar dan terjatuh. Saat itu kondisi sudah lumayan malam, selepas isya. Seorang pengendara motor yang melihat kami terjatuh langsung menghentikan motornya dan membantu. Dia membelikan betadine dan plester, mengantar saya ke wartel (karena saat itu belum ada HP) dan menunggu sampai kami dijemput oleh ayah. Pernah juga ada yang menolong ketika motor saya mogok. Setelah mendorong motor kurang lebih 15 menit sambil mencari bengkel, akhirnya ada yang membantu saya mendorongkan motor. Baiknya yaaaa.

Ternyata membantu orang lain bisa mengurangi stress loh. Berdasarkan hasil penelitian seperti yang ditulis di artikel The Indian Express, hari-hari yang stres biasanya membuat kita memiliki suasana hati dan kesehatan mental yang lebih buruk. Namun penelitian menunjukkan bahwa jika kita melakukan hal-hal kecil untuk orang lain, seperti membuka pintu bagi seseorang misalnya, akan membantu kita merasa lebih baik di hari yang buruk.
sumber: etsy.com

Nah, tertarik untuk melakukan random act of kindness pada orang asing ? Berikut beberapa ide yang bisa kita coba:
  • Memberikan pujian ketika melihat sesuatu yang kita sukai dari orang yang kita temui di jalan.
  • Memberikan tempat parkir yang strategis untuk orang lain.
  • Menahan pintu lift untuk orang yang akan masuk.
  • Memberikan kursi kita untuk orang yang berdiri di bus.
  • Membantu orang lain take a photo.
  • Membagikan meja dengan seseorang di food court yang sedang ramai.
  • Memberikan senyum kepada random people.. just because :) 

Ada ide kindness lain?





Comments

  1. Karena pakai kendaraan bermotor kan ya... Bisa lah ngasih jalan buat org yg mau nyebrang, atau buat kendaraan lain yg mau belok. Kalau berkendara pelan-pelan di pinggir kiri agar tidak menghalangi kendaraan lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu mah teh rules I live by :D
      menjadi pengendara motor yang baik dan benar adalah goal aku haha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni