Skip to main content

Sleeping Beauty : Ritual Cantik di Malam Hari

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Buat saya pribadi, tidur menjadi charger setelah seharian beraktivitas layaknya men-charge handphone yang sudah low battery. Saat tidur, otot - otot kita mengalami relaksasi. Beberapa organ yang bekerja non-stop seperti organ pencernaan dan pernafasan juga bekerja lebih lambat. Selain itu, sel - sel kulit mengalami regenerasi besar - besaran ketika kita tidur di malam hari.

Nah..bagi cewek - cewek yang ingin tidur malamnya lebih bermakna (hehe..), saya memiliki beberapa tips yang insya Allah bermanfaat. Saya menyebutnya sebagai sleeping beauty :). Walaupun tidak jadi secantik Seohyun~ hehe.. Minimal dengan melakukan tips - tips dibawah ini dapat membantu kita tidur lebih baik sehingga siap menjalani aktivitas keesokan harinya. 

1. Rapikan kamar atau tempat tidur

Agar tidur lebih nyaman, ada baiknya kita merapikan tempat yang akan digunakan untuk beristirahat. "Sisa - sisa" pekerjaan kita atau tugas - tugas yang berserakan juga harus dirapikan terlebih dahulu. Hal ini membantu tubuh kita mengerti bahwa sesi mengerjakan pekerjaan/tugas sudah selesai dan mempersiapkan untuk beristirahat. Pekerjaan/tugas yang tidak dirapikan dan dibiarkan berserakan di lantai dan meja kamar, bisa saja membuat tubuh kita berpikir bahwa masih ada pekerjaan yang belum selesai sehingga tubuh kita jadi tidak siap untuk tidur (walaupun sebenarnya memang belum selesai dikerjakan).

2. Bersihkan wajah dan sikat gigi 

Kita bisa membersihkan wajah dengan pembersih yang biasa kita gunakan sehari - hari. Membersihkan wajah sebelum tidur sangat penting untuk membersihkan kotoran yang menumpun pada wajah setelah seharian beraktivitas. Begitu juga dengan sikat gigi yang akan membersihkan sisa - sisa makanan yang tertinggal di sela - sela gigi. So, mencuci muka dan menyikat gigi adalah bagian yang terpenting pada ritual cantik di malam hari.

3. Gunakan krim malam dan lip balm 

Konon katanya setelah berumur 20 tahun, wanita perlu mengaplikasikan krim malam sebelum tidur untuk membantu mengoptimalkan proses regenerasi kulit di malam hari. Krim malam juga membantu mencerahkan wajah selama kita tidur. Namun, krim malam ini sifatnya optional. Apabila merasa tidak ada masalah dengan kulit wajah, seperti kusam atau berjerawat, penggunaan krim malam mungkin tidak perlu dilakukan. Bagi yang belum pernah menggunakan dan ingin mencoba, silakan memilih jenis dan merk krim malam yang paling cocok bagi kulit masing - masing. Dalam mengaplikasikan krim malam pada wajah, kita harus menghindari bagian mata, terlebih kantung mata. Kulit wajah pada bagian kantung mata memiliki ketebalan yang relatif lebih tipis dibandingkan bagian yang lain. Oleh karena itu, kita harus menggunakan krim khusus apabila ingin merawat bagian kantung mata tersebut.

Selain krim malam, ritual yang perlu dilakukan adalah menggunakan lip balm sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk melembabkan bibir selama kita tidur, sehingga bibir kita akan terlihat lebih segar ketika bangun nanti. Saya termasuk orang yang kurang suka menggunakan lipstick dan lipgloss pada siang hari, sehingga saya memilih menggunakan lip balm saja pada malam hari.

4. Gunakan hand body lotion

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit tubuh juga perlu dijaga kelembabannya selama kita tidur. Kelembaban kulit tentu saja dapat membantu optimalnya proses regenerasi sel - sel kulit. Akhir - akhir ini terdapat hand body lotion yang khusus untuk malam hari. Saya sendiri belum pernah mencobanya, jadi sampai saat ini saya masih menggunakan hand body lotion yang biasa saya gunakan setiap hari.

5. Konsumsi Vitamin E

Sama seperti krim malam, mengonsumsi vitamin E juga bersifat optional. Vitamin E dapat mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar UV serta menjaga kelembaban kulit. Sudah cukup banyak produk vitamin E di pasaran yang insya Allah aman dan halal untuk dikonsumsi. Bagi saya pribadi, mengonsumsi vitamin E mungkin memiliki efek jangka panjang. Saat ini kita tidak terlalu melihat perbedaannya, tapi mungkin 5-10 tahun lagi kulit kita akan memperlihatkan proses penuaan yang relatif lebih lambat :).

6. Sisir Rambut

Setelah selesai dengan semua ritual untuk kulit, sekarang saatnya ritual untuk rambut sebelum tidur. Rambut cukup disisir sampai tidak ada rambut yang kusut lagi. Hindari tidur dengan rambut yang terikat. Hindari juga tidur dengan keadaan rambut yang sedang basah. 

7. Minum Air Putih 

Selain membantu memperlancar metabolisme dan mengeluarkan toksin dari tubuh, meminum air putih sebelum tidur memiliki manfaat lain. Bagi saya pribadi, meminum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu saya bangun lebih awal. Loh kok bisa?? Ya, karena ketika akan bangun, saya sering merasa malas dan akhirnya kembali memejamkan mata. Namun, dengan meminum segelas air putih sebelum tidur akan membuat saya ingin ke kamar mandi di pagi hari. Jadi, mau ga mau saya akan segera bangun dari tempat tidur, daripada ngompol..hehe :).

8. Masker wajah (2 kali seminggu)


Hayooo....mana Seohyun yang lagi maskeran??? hehe..

Ternyata salah satu rahasia kulit cantik milik Seohyun adalah dengan rutin menggunakan masker wajah. Manfaat menggunakan masker wajah lumayan banyak, seperti melembabkan kulit wajah, mengurangi minyak dan mencegah jerawat. Masker juga membantu mencerahkan kulit wajah. Menggunakan masker wajah tidak perlu setiap hari, cukup 2 kali saja dalam seminggu. Masker wajah juga sudah sangat mudah ditemukan di supermarket sehingga akan lebih praktis dan efisien untuk digunakan. Masker wajah dijual dengan berbagai berbentuk seperti bubuk, gel, cream, dan sebagainya. Namun, kita bisa juga menggunakan buah - buahan sebagai masker wajah misalnya menggunakan bengkoang. Saya lebih memilih menggunakan masker wajah yang dijual di pasaran dalam bentuk sachet karena terasa jauh lebih praktis daripada membuat masker sendiri.

7. Tulis "grateful things today"

Tips yang satu ini saya dapatkan dari seorang teman. Dia memiliki kebiasaan untuk menuliskan hal - hal yang dapat ia syukuri pada hari itu di buku diary-nya. Minimal sekali harus dapat menuliskan tiga hal, lebih baik apabila semakin banyak. Teman saya berkata bahwa dengan metode ini kita lebih siap menghadapi yang namanya bad mood atau ketika menghadapi suatu masalah. Dengan menuliskan "grateful things today", kita bisa lebih menyadari bahwa banyak sekali hal yang seharusnya kita syukuri karena terkadang kita menganggap bahwa hal itu sepele. Contoh dari "grateful things today" adalah seperti ini :

Selasa, 8.10.13 Grateful things today^^
  • Bisa ketemu dan ketawa - ketawa lagi bareng temen - temen di lab.
  • Punya payung, jadi ga kehujanan pas pulang.
  • Habis nonton anime, dan merasa beruntuuuunnnggg banget ga hidup di bulan.
  • Bisa download video Seohyun >.<.
  • Bisa beresin kamar. 
  • ...
  • ...
  • ... 

8. Berdoa 

Nah..ini adalah ritual penutup yang gak kalah penting dengan ritual lain. Malah kalau gak dilakuin jadi kurang banget nilainya. Konon orang yang tidur itu sedang berpisah dengan ruhnya, alias seperti orang mati. Oleh karena itu, kita harus banget meminta perlindugan kepada Allah untuk menjaga kita selama tidur dan membangunkan kita kembali keesokan harinya dalam keadaan sehal wal'afiat. Semoga yang masih suka lupa - lupa berdoa sebelum tidur, segera diberi hidayah sehingga berdoa sebelum tidur menjadi kebiasaan yang gak pernah kelewat lagi (sayaaaaa! >.<). Aamiin.
 

Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni