Skip to main content

opini : lagu Adol Konco - Anik Sunyahni

Menjadi Penyanyi Campursari^^


Sudah lama saya browsing di internet, mencari - cari lirik dan makna lagu Adol Konco yang dinyanyikan oleh mbak Anik Sunyahni. Sulit ternyata >.<..bahkan lirik lagunya saja sampai saat ini saya tidak menemukan. Video klip di youtube juga tidak ada. Tapi, saya benar - benar penasaran sekaligus benar - benar jatuh cinta pada lagu ini (termasuk pada suara mbak Anik yang selalu terdengar khas di telinga saya). Akhirnya, saya meminta tolong kepada salah seorang teman untuk menuliskan lirik lagu Adol Konco ini, hehe..

Ada beberapa alasan mengapa saya sangat menyukai lagu ini. Pertama, saya sangat menyukai alunan suara alat musik dan suara mbak Anik yang entah mengapa terasa sangat cocok bagi saya, sehingga terdengar begitu harmonis. Suara Anik Sunyahni itu loh..jernih banget! Seperti biasanya, lagu - lagu campursari kesukaan saya selalu memiliki nada - nada easy listening nan elegan, begitu juga dengan lagu Adol Konco ini.
Facebook Anik Sunyahni yang sudah tidak di update bertahun - tahun lamanya :D
Kedua, ketika mendengar lagu ini tiba - tiba saya memiliki keinginan untuk menjadi penyanyi campursari dan berharap memiliki suara se-oke mbak Anik^^ Well, yang ini agak sedikit sulit karena konon kalau penyanyi itu dilarang makan makanan berminyak seperti gorengan dan kripik serta dilarang minum minuman dingin seperti es krim. Sedangkan bagi saya, makanan berminyak itu seperti makanan pokok -.- Hehe.. Kadang terpikirkan untuk "kapan - kapan" bergabung dengan sanggar kesenian agar saya bisa minta diajari dan belajar menyanyi campursari :).
 
Ketiga, ketika mendengar lagu ini saya sering merasa ingin "hijrah" tinggal di desa yang rasa - rasanya lebih nyaman, tenang dan sederhana. Kadang saya membayangkan tinggal di tempat yang jarak rumahnya tidak berdempetan, jalan - jalan lebar dan bersih. Orang banyak yang berjalan kaki. Anak - anak bermain di luar rumah sambil tertawa riang. Ketika sore hari banyak ibu - ibu yang menyapu halaman atau sekadar mengobrol dengan tetangga. Huaaah..pemandangan yang indah >.<.

Saya rasa untuk lagu - lagu campursari yang bernada seperti lagu Adol Konco ini sekarang sudah jarang diputar pada jam - jam prime time. Saya biasanya mendengar "campursari asli" pada pukul 13.00 - 14.00 WIB di Radio Argososro dan pukul 03.00 - 05.00 WIB di acara Langensari Radio Retjobuntung. Orang (teman - teman saya terutama) juga merasa lebih familiar dengan musik campursari modern yang terkadang disebut campursari koplo. Saya juga sebenarnya kurang mengerti pengelompokkan musik campursari, seperti apa yang disebut campursari asli; seperti apa yang disebut campursari modern. Tapi, saya berharap banyak juga orang yang mengenal lagu - lagu campursari yang dinyanyikan Anik Sunyahni seperti Adol Konco ini.


Lirik hasil "translate-an" teman saya ini sangat membantu ketika saya sedang karaoke di kamar hihihi..Rasa penasaran saya terhadap lagu ini juga sedikit berkurang. Kira - kira seperti ini liriknya.

Anik Sunyahni - Adol Konco

Kakang, Mbakyu, kabeh wae..
Ojo ngumbar nafsune, gedhekno panarimane.
Becike podho diethung, kepengen nggolek untung, 
Tan wurungo malah gluthung..
Karepe golek bathi, tundhone malah rugi.

Ibarate golek minum, mbur uceng kilangan tambra
tiba gelane sepira..
Wong sudra ngakune pandhita, biso nyetho raja brana.
Dhuwit satus dadi sak yuta, jebule mung apus kromo.. 

Pitung ngawur tanpa diukur, 
ora mikir yen isih dhulur.
Jeneng rusak, watone nyesak,
Adol konco watone nggowo.. 

Elinga jaman wis tuwo, 
manungsa ngakune dewa 
titisane Bathara kala..

Jarene pengen tetulung, 
marang titah kang bingung,
wekasane malah-malah menthung..
Mula padha elinga, 
dinga lena dadi mangsa.. 


NB : thanks to Agustina Dian, for the lyrics^^

Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni