Skip to main content

opini : Proposal Daisakusen

"Just" an Ordinary Romance Drama


Dorama Jepang favorit saya ini berjudul Operation Love atau lebih dikenal dengan nama Proposal Daisakusen ( プロポーズ大作戦). Saya sangat menyukai dorama ini -walaupun baru menonton pada tahun 2010-an hehe-. Dorama ini termasuk dorama yang membuat saya menitikkan air mata "lumayan" banyak >.<

Saya paling suka dengan pemeran utama wanita, Yoshida Rei, yang diperankan oleh Masami Nagasawa. Sebelumnya, saya memang bukan orang yang suka menonton film atau drama, apalagi dorama Jepang. Tapi setelah melihat Masami, saya menyukainya. Terutama peran Masami di Proposal Daisakusen. Saya sangat suka ^^ sampai - sampai saya jadi semangat belajar bahasa Jepang gara - gara menyenangi "dialek" Masami ketika berbicara. Hehehe...

Yoshida Rei di film ini diceritakan sebagai seorang sahabat kecil dari pemeran utama pria, Iwase Ken, yang diperankan oleh Tomohisa Yamashita alias Yamapi. Semenjak SD, Rei sudah menyimpan perasaan lebih dari sekadar teman terhadap Ken. Begitu juga Ken terhadap Rei. Namun, mereka berdua tidak saling mengungkapkan perasaan masing - masing. Hingga akhirnya Rei malah menikah dengan orang lain, yaitu guru mereka ketika di SMA.

Di hari pernikahan Rei, Ken baru menyadari betapa ia menyesal telah menyia - nyiakan waktunya bersama Rei tanpa dapat mengungkapkan perasaannya. Sampai akhirnya seorang "peri" muncul dan menawarkan Ken untuk kembali ke masa lalu berdasarkan foto - foto yang dipasang pada slide show pernikahan Rei. Ken akhirnya melakukan perjalanan waktu untuk memperbaiki kesalahan - kesalahannya pada Rei dan berharap dapat mengubah masa depan dengan menikahi Rei.

  
Human beings look for reasons when things don't go well..

Ternyata walaupun Ken sudah kembali ke masa lalu, yang berubah "hanya"lah masa lalu saja. Memang Ken sudah memperbaiki kesalahannya terhadap Rei, namun di masa sekarang Rei tetap menikah dengan orang lain. Pada akhir cerita, Ken mengakui bagaimana perasaannya terhadap Rei ketika ia diminta berpidato sebagai teman dari pengantin wanita. Ini adalah momen yang sangat mengharukan >.<

Saya paling merasa ngenes kalau sebuah film yang saya suka ternyata memiliki ending yang tidak sesuai harapan saya. Tapi untunglah dorama ini ber-ending sesuai harapan saya..hehehe. Setelah berpidato di hadapan para tamu undangan, Ken langsung pergi sambil menangis dan merenungi nasibnya. Tapi dia tidak berniat untuk kembali ke masa lalu lagi. Hal itu dikarenakan ketika terakhir dia kembali ke masa lalu dia menanyakan sesuatu kepada Rei.

Ken : Don't you have anything that you regret about?

Rei  : You know, during high school I wondered why we're childhood friends.. I always though that "if weren't childhood friends, maybe I would  have been more honest about things..or I think it wouldn't be as painful as it is". But, I notice that my denial then is different. At that time, it was painful..but because I met you the me now is here. From here on after, I think there will a lot of things, but I think that only Ken's existence won't change. Thanks..


Setelah Ken pergi dari tempat perayaan pernikahan, Rei mulai berpikir bahwa orang yang tidak mau mengakui kebaikan Ken adalah dirinya. Ia takut untuk jujur karena takut Ken tidak memiliki perasaan seperti yang ia rasakan. Calon suami Rei -atau sudah menjadi suami, saya gak paham >.<-  menyadari sesuatu yang tidak beres. Akhirnya, calon suami Rei menawarkan pada Rei agar ia tidak meneruskan pernikahan tersebut. Rei menyetujui hal tersebut dan kemudian lari mengejar Ken. Tapi ternyata Ken sudah pergi naik taksi.

Rei kemudian menangis di gereja dan dia bertemu dengan "peri" yang telah memberi Ken kesempatan untuk kembali ke masa lalu. "Peri" tersebut mengatakan bahwa Rei pasti sangat ingin kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahannya yang tidak mau jujur pada Ken. Namun sang "peri" mengatakan :

There is one guy, who went on a journey to the past to redo things he regretted about. He, in desperation, exerted himself in changing the past but wasn't able to  open the door of miracles. He realized it was the end of his journey, no matter how many times he went back, in the end only he himself could do it.. The most important thing is the purpose of changing something now for the future.

Nah..memang itu sepertinya yang terpenting. Bukan bagaimana caranya kita mengubah masa lalu agar masa kini menjadi lebih baik. Namun yang terpenting adalah bagaimana mengubah hari ini agar hari esok lebih baik ^^ Setelah menonton dorama ini, saya menjadi lebih bersemangat menjalani hari serta berusaha mengambil pelajaran dari masa lalu, bukan meratapi dan selalu mengenang masa lalu. Move on lah..pokoknya hehe.

Bagi teman - teman yang menyukai dorama ber-genre romance atau romance-comedy, Proposal Daisakusen bisa menjadi salah satu dorama yang harus ditonton. Chemistry antara Ken dan Rei sangatlah bagus ^^d Ken yang bersikap sok cool namun selalu ingin melindungi Rei sangat cocok dengan Rei yang bersikap sok jual mahal namun sangat menyayangi Ken. Ditambah lagi beberapa peran pendukung, yaitu teman - teman mereka, menambah seru plot cerita dorama ini.

Selamat menonton, selamat ketawa - ketiwi, selamat sesenggukan, selamat me-review ^^


Yamashita Tomohisa ft. Masami Nagasawa ^^
 



 

   
   



 

Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni