Skip to main content

opini : lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni

A 'Dream-Like' Life

nice atmosphere :)
Merapi lan Merbabu. Apakah teman - teman familiar dengan lagu yang dibawakan oleh Anik Sunyahni ini? Anik Sunyahni merupakan salah satu penyanyi campursari favorit saya ^^ Pertama kali saya mendengar suara Mbak Anik ini lewat lagu berjudul Kempling yang beliau nyanyikan bersama maestro campursari, Manthous. Selain Kempling, masih ada beberapa lagu yang dinyanyikan bersama Manthous seperti Geblek Kulon Progo dan Ojo Digondeli.


Ada beberapa lagu Mbak Anik yang juga menjadi favorit saya, seperti Salah Sambung atau Adol Konco. Tapi, kali ini saya ingin membahas lagu yang berjudul Merapi lan Merbabu. Saya sangat tertarik dengan lagu yang bernada lembut ini. Entah kapan pertama kali saya mendengar lagu ini, namun yang saya ingat adalah saya langsung menyukai lagu ini. Nadanya sangat melegakan dan membuat tentram perasaan saya. Saya betah berlama - lama mendengarkan lagu ini, terutama kalau sedang butuh rehat sejenak. Hehe.. Sudah biasa deh, kalau saya lagi jenuh, bete atau lagi ruwet bin rarungsing, saya sering memutar lagu ini untuk mencari kedamaian *haha lebay >.< Serius deh..denger lagu ini bikin serasa ada di tempat yang asri, sejuk, bersih, nyaman..pokoknya seperti di mimpi - mimpi saya gitu deh :) 

Saya yakin lagu Merapi lan Merbabu ini memiliki lirik dengan makna yang mendalam. Seperti petuah - petuah kehidupan dan nasihat - nasihat yang bijaksana. Tapi, sampai sekarang saya belum bisa memahami sepenuhnya maksud dari lagu ini. Udah nyari di google pun belum ketemu sampai sekarang. Hanya ada beberapa lirik yang bisa saya tangkap dan saya 'dalami' maknanya. 

Koyo iwak nglawan banyu..bebarengan ngisi panguripan..

Nah..kalau dari lirik ini saya menangkap pesan bahwa dalam kehidupan ini selalu ada hal - hal yang menjadi hambatan atau rintangan bagi kita. Tentu saja, sebagai mahkluk sosial manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk menjalani kehidupan. Oleh karena itu, kita harus memiliki hubungan yang baik dengan sesama. Misalnya anak kepada orang tua, dengan saudara, sesama teman, dengan tetangga atau siapapun orang yang berinteraksi dengan kita. Kita harus menjalin hubungan baik dengan orang lain agar dapat melewati rintangan dan hambatan dalam kehidupan. Ingat, manusia itu mahkluk sosial loh..

Rembulan kalingan mega..nyoto ora bakal salawase
Ojo samar ojo gelo, liyo dini rembulane ngeglo..

Kita sering mendapat kebahagiaan dan kita akan mensyukurinya. Terkadang kita juga mendapat kesulitan, kesedihan atau kata anak sekarang mah 'galau', maka kita sering putus asa dan meratapinya. Lagu Merapi lan Merbabu ini mengingatkan bahwa kebahagiaan akan beriringan dengan kesedihan, namun jangan khawatir karena kesedihan tidak mungkin selamanya akan melingkupi kita. Kita harus bersabar karena mungkin hari esok semuanya akan berubah menjadi lebih baik. Tidak ada kesedihan yang abadi, begitu juga kesenangan. Oleh karena itu kita harus seimbang tidak boleh berlebihan dalam menyikapi sesuatu :)
I love seeing this scenery ^^
Mungkin lirik tadi mewakili semua maksud dari lagu Merapi lan Merbabu. Bahwa dalam kehidupan ini kita memang selalu hidup berdampingan dengan orang lain -seperti gunung Merapi yang berdampingan dengan gunung Merbabu, bahkan terkadang terlihat seperti gunung kembar-. Begitu juga dengan kebahagiaan yang akan berdampingan dengan kesedihan. Tidak akan ada yang mendominasi. Bukankah berdampingan dengan harmonis akan lebih baik daripada sendirian? Keep balance ^^ FIGHTING!

Bagi teman - teman yang ingin mendengar lagu Merapi lan Merbabu ini bisa langsung donlod pada link di bawah ini. Saya juga kasih bonus lagu - lagu Mbak Anik yang lain deh..hehe. Selamat mendengarkan ^^

Anik Sunyahni - Merapi lan Merbabu 

Anik Sunyahni - Panjerino

Anik Sunyahni - Salah Sambung

Anik Sunyahni - Adol Konco


Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni