Skip to main content

Kempling

Kempling - Manthous ft. Anik Sunyahni

CSGK (Campursari Gunung Kidul)
Perkenalan "resmi" saya dengan musik campursari terjadi pada awal tahun 2009. Lagu pertama yang saya dengar berjudul Kempling, dinyanyikan oleh Manthous dan Anik Sunyahni dari sebuah album campursari milik ayah saya. Ketika itu, ayah saya senang memutar kaset CD campursari itu, kaset baru beli sih..ceritanya, hehe.

Kesan pertama ketika mendengar lagu tersebut adalah merasa aneh, tidak familiar dan kurang begitu menyukai nada - nada yang memang jarang saya dengar itu. Kesan berikutnya, eh kok sepertinya ada yang menggelitik yah..seperti ada perasaan adeeem gitu waktu denger lagu ini. Saya seperti merasakan nyaman dan damainya kehidupan di desa ketika mendengar lagu itu. Perasaan seperti itulah yang membuat saya kemudian jatuh cinta terhadap lagu ini, jatuh cinta terhadap campursari.

Semenjak saat itu, saya sering mem-browsing lagu - lagu campursari di internet. Saya juga sering mendengarkan radio yang memutar campursari via streaming. Tentu saja via streaming..karena radio di Bandung yang memutar campursari setau saya hanya satu radio dan itu juga diputar ketika dini hari saja. Lewat fasilitas radio streaming ini saya bisa mengakses beberapa radio di kota Jogjakarta dan sekitarnya. Beruntunglah... :)

Mendengarkan campursari bukan sekadar mendengarkan lagu biasa. Walaupun saya asli keturunan Jawa, tapi kondisi saya yang emang dari lahir sudah tinggal di Kota Bandung membuat saya sama sekali "ga keliatan jawa-nya" hehe. Campursari menjadi ajang latihan bagi saya untuk bisa berbahasa Jawa, walaupun hanya sekedar lirik lagu saja. Setidaknya saya bisa menyanyikan lagu berbahasa Jawa, walaupun saya tidak bisa berbicara menggunakan bahasa Jawa, hehe..

Album CSGK Maju Lancar pimpinan Manthous
Campursari juga terkadang membantu saya menyembuhkan diri dari kelelahan, stres, jenuh dan sebagainya. Ini serius loh.. ketika saya sedang merasa jenuuuuh banget, entah masalah kuliah, masalah pribadi atau masalah dengan teman, mendengarkan musik campursari membuat saya merasa lebih tenang. Saya sering menyebutnya dengan "kembali seimbang", kembali merasakan bahwa hidup ini sebetulnya simple kok, hidup ini adem dan damai. Mungkin suara alat musiknya yang membuat saya adem, mungkin juga liriknya yang sederhana.

Teman - teman sering menganggap saya aneh karena menyukai jenis musik ini. Tapi kenapa harus merasa aneh? Saya justru merasa bangga menjadi bagian dari campursari. Saya berharap akan lebih banyak generasi muda yang mencintai musik ini dan mampu mengembangkannya menjadi lebih baik. Semoga :) Semoga saya bisa membuat album mini campursari repackage suatu saat nanti :) hihihi.




Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni