Skip to main content

Becak Solo

Becak Solo - Manthous

Saya belum pernah menginjakkan kaki di kota Solo. Bagaimana rasanya jalan – jalan di kota Solo bisa saya rasakan lewat lagu campursari milik Manthous yang berjudul Becak Solo.

becak solo, mlakune alon prasojo
sing nyupir sopan santun, toto kromo
..
purun mawon, asal kulo mboten rugi
nyupir becak rino wengi padhos rejeki
...
(agak susah nulis lirik lagu Becak Solo dengan ejaan yang benar. Hehe) (Lihat lirik di sini)

Kota Solo, Jawa Tengah


Waktu ngedengerin alunan musik di lagu ini, rasanya tuh adeeemm banget. Berasa suasana kota Solo lagi cerah – cerahnya, lalu lintas ga terlalu padet, jalan yang lebar – lebar, bersih, pejalan kaki tertib, kendaraan sedikit, terus ada mas becak yang lagi goncengin penumpang yang baru pulang dari pasar.

Mas becak di lirik lagu ini diceritakan sebagai mas becak yang sayang keluarga. Dia rela bekerja keras jadi penarik becak demi menghidupi anak – anaknya yang masih kecil dan lumayan banyak. Walaupun narik becak itu bukan pekerjaan mudah, tapi mas becak ini tetap bersemangat, jujur dan ikhlas dalam menjalani profesinya.

Mas becak dengan damai narik becak.
Pelajaran moral yang bisa saya ambil dari lagu ini adalah kita harus bersungguh – sungguh dalam semua pekerjaan yang kita lakukan. Selain bersungguh – sungguh, dalam bekerja kita harus mengedepankan kejujuran dan tata krama. What a beautiful song :)


Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni