Skip to main content

Podcast

Podcast Addict

Di Indonesia, kata podcast mungkin terdengar kurang familiar. Saya baru mengenal kata podcast ini sekitar tahun lalu. Ketika itu saya melihat tautan yang di share oleh Facebook milik penulis Elizabeth Gilbert tentang wawancaranya dengan BBC World Book Club mengenai buku Eat, Pray, Love. Saya kemudian men-download audio tersebut dan mendengarkannya lewat Android. Saya sangat menyukai isi wawancara yang inspiratif tersebut. Selain inspiratif, konsep mendengarkan audio lewat Android yang bisa kita lakukan kapan saja (ketika ada waktu luang) juga mengasah kemampuan listening bahasa Inggris kita :)

Merasa mendapatkan manfaat dari audio ini, saya kemudian mencari – cari mengenai wawancara atau semacam “ceramah” inspiratif berbahasa Inggris yang memiliki format mirip dengan yang saya download dari BBC World Book Club. Dari pencarian tersebut, bertemulah saya dengan kata podcast. Podcast, seperti yang ditulis pada laman ini, merupakan sebuah file suara/audio yang bisa di-download dari internet untuk didengarkan seperti sebuah acara radio. Podcast pada awalnya adalah pengembangan teknologi Pod (iPod) + Broadcast. Namun, jangan khawatir apabila kita tidak menggunakan produk Apple, karena aplikasi podcast juga dapat di-download di Android –Podcast Addict adalah yang saya gunakan. Selain lewat aplikasi, podcast juga banyak terdapat di YouTube. Podcast pertama yang saya dengar adalah milik Elizabeth Gilbert mengenai buku terbarunya Big Magic.

Sebelum mengenal podcast saya sempat “menggandrungi” audiobook, yaitu buku dengan format suara. Namun, pada umumnya audiobook memiliki durasi yang cukup panjang (dua jam lebih) dan kurang interaktif –karena hanya membacakan teks buku saja. Oleh karena itu, saya cenderung cepat merasa mengantuk dan tidak dapat menyelesaikan audio tersebut dalam satu waktu (karena waktunya yang panjang). Sedangkan podcast lebih fleksibel dan memiliki durasi yang bermacam – macam. Selain itu juga terdapat sangat banyak topik dan bahasan dalam podcast. Cukup dengan mengetikkan topik yang kita inginkan di kolom search, dan muncul-lah beberapa rekomendasi podcast yang sesuai.

Beberapa podcast favorit saya adalah School of Greatness, podcast – podcast dari BBC (terutama 6 Minutes English), TED Radio Hour, The Minimalists, Life is a Marathon dan Vibrant Happy Woman. More about podcast, silakan baca disini :) Enjoy!


Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni