Skip to main content

Colbie Caillat - Try

We're not Alone with Our Insecurities

Try merupakan sebuah lagu ballad yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat, Colbie Caillat. Lagu yang inspirasional ini terdapat pada album kelima Colbie yang berjudul Gypsy Heart. Album Gypsy Heart dirilis pada tanggal 9 Juni 2014 oleh Republic Records. Lagu ini ditulis oleh Colbie bersama dengan komposer lain yaitu Babyface and Jason Reeves. Video klip resmi Try diunggah pada tanggal 8 Juli 2014 dan mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar dan penikmat musik. Video klip milik Colbie Caillat ini telah dilihat lebih dari 27 juta orang dalam waktu dua bulan.

Hal yang membuat saya tertarik pada lagu Try pertama kali adalah ketika melihat video klip lagu ini yang diputar di sebuah stasiun TV. Colbie menampilkan dirinya bersama beberapa perempuan lain yang “bertransformasi” dari seorang perempuan “sempurna” menjadi perempuan yang “apa adanya”. Colbie dan perempuan – perempuan tersebut, secara perlahan membuka wig serta menghapus make up mereka untuk menunjukkan sisi “asli” diri mereka. Perempuan – perempuan yang ada di video klip ini berasal dari beragam usia serta ras. Lagu ini menjadi lebih inspirasional setelah saya menghayati liriknya. Selain itu, musik yang lembut dan easy listening, membuat lagu ini menjadi salah satu lagu favorit saya.
I wanted people to see the transformation that someone can go through and the unrealistic ideal of beauty that most people compared themselves to. -Colbie Caillat

Berdasarkan artikel yang ditulis di Wikipedia, Colbie mengaku mendapatkan inspirasi untuk menulis lagu ini saat dia merasa tertekan ketika “dipaksa” menjadi seseorang yang bukan dirinya. Colbie terpaksa being someone else dan membuat musik yang kurang mencerminkan dirinya dengan tujuan untuk menyenangkan orang lain. Tekanan – tekanan tersebut akhirnya malah memberikan Colbie inspirasi untuk menulis lagu yang indah ini. Colbie menggambarkan secara sederhana tekanan itu dengan wig dan make up yang biasanya dipakai perempuan untuk terlihat lebih cantik. Terkadang, para perempuan berusaha terlihat lebih cantik untuk menyenangkan orang lain sehingga akhirnya kita pun dapat merasa “diterima”. Padahal, terkadang yang sebenarnya diinginkan adalah kita berharap orang lain menerima kita apa adanya, just the way we are, bukan karena kita cantik, pintar dan sebagainya. Colbie mencoba menyampaikan pesan ini kepada para fans untuk mencoba mencintai dan menerima diri kita terlebih dahulu. Kita tidak perlu memaksakan diri kita untuk melakukan hal – hal yang tidak kita sukai hanya untuk bisa diterima oleh orang lain :).
I want to say that just accept yourself and embrace your imperfections. -Colbie Calliat



P.S. 
Dalam episode 13 TV-series Korea yang berjudul Marriage Not Dating, saya teringat sebuah adegan yang terjadi antara Kang Se Ah dan seorang blogger yang menulis review buruk tentang klinik bedah milik Gong Gi Tae. Kang Se Ah mengatakan pada blogger yang keranjingan operasi plastik itu, hal yang saya sangat suka, karena dia mengingatkan bahwa kita memang harus mencintai dan menerima diri kita terlebih dulu :) -terlepas dari kontroversi bedah plastik. Check this out!!

Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni